Selasa, 30 Maret 2010

Seorang petani menggarap sebidang tanah (kasus no 5)

Seorang petani menggarap sebidang tanah (kasus no 5)

3. Seorang petani menggarap sebidang tanah yang ia miliki bersama 2 orang anaknya. Petani tersebut memutuskan untuk menanam jagung dengan cara yang sangat tradisional, yakni mengolah tanah dengan menggunakan cangkul. Dalam proses produksi ini kegiatan mana yang menggunakan sumberdaya alam, sumberdaya manusia (petani) dan sumberdaya modal ?

Jawab:
1. Sumberdaya alam (SDA) adalah potensi sumber daya alam yang di ambil dari alam,yang di dayagunakan atau untuk memenuhi kebutuhan manusia. SDA dibagi menjadi SDA yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Untuk kasus ini, yang termasuk SDA adalah jagung dan tanah.
2. Sumberdaya manusia (SDM) adalah potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan hidup dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Dalam kasus ini yang termasuk SDM adalah tenaga kerjanya yaitu petani dan kedua anaknya.
3. Sumberdaya modal berupa barang-barang modal yang sangat penting untuk perkembangan dan kelancaran pembangunan ekonomi karena barang-barang modal juga dapat meningkatkan produktivitas.

Tidak ada komentar: