Senin, 11 April 2011

MySQL

MySQL

MySQL merupakan salah satu aplikasi Sistem Manajemen Database Relasional. RDBMS digunakan untuk menyimpan dan mengakses informasi yang rumit. Seluruh RDBMS menggunakan SQL (Structured Query Language). Beberapa RDBMS komersial yang terkenal seperti ORACLE, Sybase, Informix, dan MS SQL. MySQL termasuk RDBMS yang berangkat dari lingkungan open source. Selain MySQL terdapat PostgresQL yang juga berangkat dari lingkungan yang sama.
MySQL memang memiliki kekurangan dan kelebihan. Dilihat dari aspek kecepatan MySQL memang cukup cepat akan tetapi dilihat dari beban kerja MySQL tidak begitu baik. Di samping kelemahan dan kelebihannya itu ada alas an-alasan lain yang membuat anda memilih MySQL untuk aplikasi anda.
Yang pertama adalah MySQL tidak mahal, MySQL gratis karena dibuat oleh programmer-programmer sukarela dan termasuk proyek open source. Karena itu untuk mengistal MySQL tidak dibutuhkan baiaya sama sekali. Yang kedua adalah untuk ukuran Database sedang dan kecil MySQL bekerja sangat cepat. Yang ketiga selalu dikembangkan. Jika anda memiliki site resmi MySQL (http://www.mysql.com) pasti anda menemukan versi-versi terbaru.


Keistimewaan MySQL
MySQL memiliki banyak keistimewaan sebagai database server yang memiliki konsep database modern. Berikut ini beberapa keistimewaan yang dimiliki oleh MySQL, sebagai berikut:
1. Portability, yaitu MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi diantaranya Windows, Linux, FreeBSD, Mac OS X Server, Solaris, Amiga, HP-UX, dan masih banyak lagi.
2. Open Source , yaitu MySQL didistribusikan secara open source (gratis).
3. Multiuser, yaitu MySQL dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu bersamaan tanpa menglami masalah atau konflik.
4. Perfomance Tuning ,yaitu MySQL memiliki kecepatan yang tinggi dalam menangani query sederhana.
5. Security, yaitu MySQL memiliki beberapa lapisan sekuritas seperti level sbnetmask, nama host, izin akases user serta password yang terenkripsi.
6. Scalability dan Limits, yaitu MySQL mampu menangani database dalam skala besar , dengan jumlah record lebih dari 50 juta dan 60 ribu table serta 5 miliar baris.
7. Interface, yaitu MySQL memiliki interface (antar muka) terhadap berbagai aplikasi (misalnya OpenOffice) dan bahasa pemrograman (missal PHP) dengan menggunakan fungsi API (Aplication Programming Interface).

(LP3T Nurul Fikri,2009 Sirojul Munir).

Tidak ada komentar: